10 Tips Perawatan Mesin Filling Industri

Perawatan Mesin Filling yang perlu dilakukan agar kondisi mesin terjaga tetap prima.

1. Periksa dan bersihkan mesin secara teratur – Ini akan membantu mencegah penumpukan kotoran atau residu yang dapat memengaruhi kinerja mesin.

2. Lumasi bagian yang bergerak – Oleskan pelumas secara teratur agar semua bagian yang bergerak berjalan lancar dan menghindari keausan yang tidak perlu.

3. Periksa dan sesuaikan setelan tegangan – Untuk memastikan penyegelan dan pengisian yang tepat, periksa dan sesuaikan setelan tegangan secara rutin sesuai kebutuhan.

4. Kalibrasi mesin – Kalibrasi mesin secara teratur untuk memastikan pengukuran dosis dan pengisian yang akurat.

5. Periksa dan ganti suku cadang yang aus – Keausan dapat terjadi seiring waktu, jadi periksa dan ganti suku cadang yang aus atau rusak secara rutin untuk mempertahankan performa optimal.

6. Bersihkan dan ganti filter – Bersihkan dan ganti filter secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran, yang dapat memengaruhi kualitas dan performa produk.

7. Latih operator dengan benar – Latih operator dengan benar tentang penggunaan dan perawatan mesin pengisian yang benar untuk memastikannya ditangani dengan benar.

8. Simpan log pemeliharaan – Simpan log semua aktivitas pemeliharaan, termasuk tanggal, prosedur, dan masalah apa pun yang dihadapi, untuk membantu melacak dan mengatasi masalah yang berulang.

9. Pantau metrik performa – Pantau metrik performa secara rutin seperti laju produksi, akurasi pengisian, dan waktu henti peralatan untuk mengidentifikasi masalah atau tren apa pun yang memerlukan perhatian.

10. Jadwalkan inspeksi profesional – Atur inspeksi profesional dan pemeriksaan pemeliharaan oleh teknisi khusus secara teratur untuk mengidentifikasi potensi masalah sejak dini dan mencegah kerusakan besar. 

Kesimpulan

Dengan menerapkan perawatan mesin filling sesuai petunjuk diatas, mesin akan memiliki masa pakai yang lebih lama dan komponen yang lebih awet.

Operator tidak hanya diberikan kemampuan untuk melalukan pengoperasian saja, tetapi juga harus memiliki kemampuan melakukan perawatan-perawatan ringan.

Apabila tidak bisa secara teknis merawat mesin, diharapkan minimal melakukan cleaning atau pencucian bagian-bagian unit yang perlu dicuci setiap hari.


<<< Kembali ke Halaman Awal

<<< Cek Produk Mesin-mesin kami Disini !!

Scroll to Top